-->

5 Tips Manfaatkan halaman belakang rumah

Post a Comment
Lahan kosong atau halaman belakang rumah biasa diterlantarkan dan bahkan diubah fungsinya. Padahal sebagian besar di perumahan terdapat alokasi yang bisa jadi taman atau semacamnya. Tetapi dengan berbagai macam alasan, belakang tumah sering tidak dipergunakan dengan baik. Padahal dengan pemeliharaan yang baik, maka belakang rumah bisa menjadi tempat yang mendatangkan berbagai manfaat bagi pemilik rumah tersebut.
Dengan adanya lahan kosong untuk dijadikan taman atau lainnya, belakang rumah biasa dianggap mengganggu dan kurang diminati oleh kebanyakan orang, karena dengan alasan mudah cepat becek atau kotor yang akan membuat halaman belakang tidak dimanfaatkan, padahal dengan adanya lahan kosong tersebut, bisa dicor dan dijadikan kamar tambahan, dapur, atau tambahan ruangan lainnya, tetapi akibatnya sirkulasi udara dalam rumah tersebut akan menjadi kurang baik.
Atau karena kurangnya perhatian Anda, maka lahan kosong di belakang tersebut dibiarkan saja sehingga banyak tumbuh tanaman liar atau ilalang yang dapat merusak pemandangan karena  terbengkalai. Diantara yang bisa anda coba untuk memanfaatkan halaman belakang rumah adalah:
1. Taman 
Hal ini sangat disayangkan sekali apabila dibiarkan begitu saja karena lahan belakang yang kosong ini dapat memberikan manfaat yang baik untuk sang penghuni rumah.
Beberapa manfaat utama yang bisa hadir pada lahan belakang kosong yang dijadikan taman misalnya:
Rumah akan lebih cantik dan sedap dipandang
Bunga, tanaman serta berbagai macam aksesoris taman akan membuat keseluruhan rumah Anda menjadi lebih cantik dan enak untuk dipandang.
Rumah lebih sehat
Pepohonan yang ditanam akan memberikan suplai oksigen yang sangat menyegarkan dan juga menyehatkan untuk para penghuni rumah. Selain itu juga tanaman yang ada dapat mengurangi debu masuk ke dalam rumah sehingga rumah akan menjadi lebih bersih dan lebih sehat.
Rumah lebih sejuk
Kehadiran taman belakang yang tercipta dari lahan kosong dibelakang tersebut menciptakan sirkulasi udara di dalam rumah kita menjadi lebih baik lagi, dan hasilnya rumahpun akan menjadi sejuk. Dengan sirkulasi udara yang tepat, maka para penghuni rumah pun akan merasa nyaman tanpa perlu menyalakan AC dalam rumah.
Tempat bersantai
Dengan kehadiran taman di belakang rumah ini dapat memberikan kesegaran dan juga suasana santai. Di taman belakang rumah kita bisa bersantai, memandangi taman yang indah, menghirup segarnya udara akan membantu menghilangkan kepenatan.
2. Menutupi tanah dengan rumput
Warna hijau dari rumput akan menghasilkan kesan asri dari halaman tersebut. Anda bisa menambahkan dengan menanam beberapa pohon di pojokan. Penambahan aksesoris, seperti bebatuan atau batu alam pun bisa mempercantiknya.
3. Membuat kebun
Kita juga bisa menanam beberapa tanaman yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Seperti halnya menanam tanaman cabai, tomat, jeruk nipis ataupun tanaman lain yang menjadi kebutuhan sehari-hari yang mungkin dapat menjadi pilihan. Dengan pengaturan yang tepat maka halaman belakangpun akan menghasilkan pemandangan yang indah ditambah kita memiliki kebun sendiri.
4. Kolam ikan
Kita juga bisa memanfaatkan lahan belakang yang kososng tersebut dengan membuat kolam ikan. Kebanyakan orang lebih memilih kolam ikan menjadi salah satu alternative untuk memanfaatkan halaman belakang rumahnya. Ditambah dengan air terjun mini dapat menenangkan pikiran kita karena suara gemericiknya.
5. Kolam renang
Apabila lahan kosong tersebut cukup luas, kita dapat membuat kolam renang sebagai sarana olahraga atau dapat bersantai dipinggir kolam renang tersebut.
##
Nah itulah beberapa tips untuk memanfaatkan lahan kosong di belakang rumah.. Janganlah kita telantarkan halaman belakang kita. .Semoga bermanfaat.

sumber: artikel.co

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter